Uncategorized

5 Tahap Pengolahan Data Transaksi dalam Aplikasi Payment Gateway

Anda yang sering belanja online atau mengelola toko di marketplace pasti familier dengan payment gateway. Sistem pembayaran ini semakin diminati karena memberikan manfaat-manfaat untuk transaksi virtual. Sebut saja kecepatan dalam transfer uang, pilihan rekening yang variatif, hingga sistem keamanannya yang terjamin.

Hal tersebut tak terlepas juga dari cara kerja payment gateway seperti https://www.duitku.com yang dirancang sedemikian rupa untuk melancarkan transaksi online. Secara singkat, berikut tahap-tahap yang berlangsung dalam sistem payment gateway untuk pembayaran yang Anda lakukan.

  1. Kunjungan di website

Cara kerja payment gateway diawali dengan kunjungan pengguna ke website, baik marketplace maupun e-commerce. Mereka akan memilih produk yang dibutuhkan, kemudian memasukannya ke keranjang untuk kemudian melanjutkannya ke opsi pembayaran untuk menebus tagihan.

2. Meneruskan data ke payment processor

Begitu semua data yang diperlukan dimasukkan pengguna, data-data yang diterima oleh sistem payment gateway akan dilanjutkan ke payment processor dari pihak bank. Pastikan semua data yang Anda input pada tahap ini sudah tepat untuk mencegah kesalahan pengiriman pesanan.

3. Data transaksi dilanjutkan ke asosiasi

Selanjutnya, payment processor akan meneruskan data-data transaksi pengguna kepada asosiasi penerbit kartu yang dipakai, entah kredit atau debit. Cek juga saldo yang tersedia di kartu Anda agar proses pembayaran berjalan lancar sampai akhir.

4. Pilih bank yang mengirimkan balasan

Bank yang menerima permintaan nantinya akan mengirimkan balasan ke processor menggunakan kode khusus. Mereka pun akan mengirimkan konfirmasi apabila transaksi berhasil dilakukan atau tidak. Data yang kurang tepat akan dideteksi sebagai kesalahan dan membuat transaksi ditolak.

Baca: 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Payment Gateway

5. Payment gateway menerima pesan processor

Tahap terakhir adalah payment gateway akan menerima pesan yang dikirimkan payment processor. Pada tahap ini, pesan yang sudah masuk ke payment gateway dilanjutkan ke situs marketplace atau e-commerce sampai transaksi yang Anda lakukan akhirnya dinyatakan berhasil.

Bagaimana, sudah mendapatkan bayangan menggunakan payment gateway untuk transaksi online? Semoga Anda menerima benefit yang melimpah dan memuaskan dari pemakaian layanan tersebut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *