Uncategorized

Pahami Pihak-pihak yang Terkait dalam Kredit Mobil Anda

Meskipun kredit mobil sudah sangat melekat di dalam kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia, khususnya di kota-kota besar, literasi atau pengetahuan terkait kredit mobil masih sangat terbatas. Ini sangat disayangkan mengingat uang yang dikeluarkan sebelum dan selama kontrak tidaklah jumlah yang kecil dan membutuhkan komitmen yang panjang. Setidaknya, sebelum menemui dealer mobil dan melakukan transaksi pahami siapa saja yang terkait, secara langsung dan tidak langsung, di dalam transaksi itu.

1. Dealer/ Penyedia Mobil
Banyak konsumen hanya bertemu dengan dealer saja selama proses kredit karena semua proses finansial dibantu oleh dealer. Tetapi, ini tidak berarti hanya dealer saja yang terlibat. Dealer, yang biasanya membawa nama merek tertentu berfungsi menyediakan unit mobil yang diinginkan konsumen. Biasanya, satu dealer seperti dealer mobil Honda membawa satu nama merek mobil saja. Apabila Anda melihat ada berbagai jenis mobil, ini sering terjadi di penyedia mobil bekas.

2. Bank Penyelenggara Kredit/ Multifinance
Baik bank penyelenggara kredit maupun multifinance berfungsi sebagai pihak yang menyediakan pinjaman kepada konsumen. Pihak ini adalah pihak ke-3 yang paling sering berkomunikasi dengan Anda, setelah dealer. Pihak ini biasanya akan meminta informasi finansial Anda dan melakukan survey di tempat tinggal Anda. Meskipun mirip, bank penyelenggara kredit dan multifinance memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

3. Penyedia Asuransi
Biasanya penyedia asuransi dipilih oleh penyedia kredit secara langsung. Ini karena penyedia asuransi memiliki kepercayaan dan komitmen tertentu pada penyedia asuransi tertentu. Selain itu, dengan minimnya pengetahuan asuransi konsumen, proses ini dianggap memudahkan. Meskipun begitu, Anda berhak memilih penyedia asuransi berbeda dari yang ditunjuk oleh penyedia kredit.

Ingin kredit Honda Brio? Cek di https://hondaoutsidejava.co.id/credit

4. Kepolisian
Secara tidak langsung, kepolisian terkait dari setiap transaksi pembelian mobil yang terjadi. Atau, dalam hal ini kredit. Begitu unit dibeli, mobil akan langsung diregistrasikan untuk mendapatkan nomer BPKB dan STNK berikut pajaknya. Anda harus tahu bahwa Anda sebaiknya membeli mobil dari agen yang sedaerah dengan KTP Anda. Ini berkaitan dengan kemudahan pengurusan plat mobil.

Itulah pihak-pihak yang terkait dari setiap transaksi pembelian mobil Anda. Pahami peran mereka dan pelajari apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan layanan terbaik dari mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *