Uncategorized

Penyebab Air Water Heater Berbau Tak Sedap dan Cara Mengatasinya

Water heater adalah alat yang memiliki teknologi untuk membuat air yang ada di kamar mandi Anda menjadi hangat dengan proses yang cepat. Setiap teknologi jika sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama pasti akan ada beberapa masalah yang mulai timbul. Salah satu masalah yang sering terjadi pada water heater adalah air yang dikeluarkan berbau tidak sedap. Penyebab dari bau tidak sedap ini biasanya terjadi jika terdapat endapan kotoran yang memicu karat ataupun bakteri di dalam saluran air. Endapan kotoran ini bisa saja terjadi di dalam tangki water heater ataupun di pipa air. Jika hal ini terjadi tentunya akan merasa risih saat mandi dan juga jika terus digunakan dalam kondisi seperti itu dapat menyebabkan penyakit kulit dan kebocoran pada tangki.

Baca : Healing Murah tanpa Pusing Biaya dengan Solar Water Heater

Setiap permasalahan pasti ada solusinya yang dapat Anda gunakan jika hal tersebut terjadi pada water heater Anda.

  • Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu mematikan air yang menuju ke saluran water heater. Ini dilakukan agar mempermudah saat Anda melakukan proses penanganan.
  • Kedua adalah menguras air panas. Setelah Anda mematikan air yang menuju ke saluran water heater, Anda dapat membuka kran water heater yang bertujuan untuk mengeluarkan sisa air panas yang masih berada pada saluran water heater.
  • Tahap selanjutnya yaitu memasukan obat hidrogen peroksida yang dapat Anda temukan di toko-toko bangunan terdekat. Setelah air dikeluarkan dan tinggal tersisa sedikit, masukan obat tersebut ke dalam tangki water heater Anda lalu tutup kembali water seperti semula
  • Selanjutnya Anda dapat menyalakan kembali saluran air agar kembali menuju ke water heater. Dalam proses ini biarkan beberapa saat air mengalir keluar agar Anda dapat mengetahui kondisi air setelah proses penanganan apakah masih berbau atau tidak.

Jadi, itulah beberapa tahapan yang dapat Anda lakukan jika mesin pemanas air panas Anda berbau tidak sedap. Jika hal diatas sudah dilakukan namun tidak dapat menghilangkan bau, Anda dapat memanggil jasa profesional yang sudah handal dalam memperbaiki permasalahan tersebut.