Otomotif

Musim Hujan Sudah Tiba, Jagalah Mesin Mobil dengan Tepat

Waspadalah jika musim hujan sudah tiba. Kondisi jalanan yang licin dan penuh risiko akan sulit dilalui mobil yang tergolong jarang dirawat. Sudah seharusnya Anda mempersiapkan diri sebaik mungkin demi keamanan dan kenyamanan selama menggunakan mobil. Lagipula, caranya juga mudah dan tidak akan mengeluarkan banyak biaya, kok. Berikut ini adalah beberapa tips penting merawat mesin mobil untuk mengantisipasi risiko musim hujan.

Aki, Radiator, Kabel dan Kopling

Selalu periksa kondisi mesin Anda secara cermat. Mulai dari kondisi aki, apakah normal atau ada yang tampak kurang beres. Mulai dari elemen aki, dicek ke sisa air radiator, sistem instalasi kabel, hingga perseneling, pastikan tidak ada yang mencurigakan, terutama jika kendaraan menggunakan sistem transmisi manual.

Cek juga: Cara Membersihkan Mesin Mobil (https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/ingin-servis-dan-bersihkan-ruang-mesin-mobil-ini-tips-dari-b)

Kondisi Ban

Hal yang wajib Anda lakukan saat musim hujan tiba adalah memeriksa kondisi ban. Jalanan yang lebih licin dari biasanya bisa menimbulkan risiko slip atau tergelincir. Oleh karena itu, pastikan permukaan ban tidak gundul dan masih dalam kondisi baik.

Selain itu, perhatikan kondisi tekanan angin pada ban. Pada saat menempuh perjalanan, ban yang terlalu kempes pada saat musim hujan malah bisa menimbulkan risiko berbahaya. Sebaiknya, cek secara rutin kondisi ban apakah tekanannya sudah pas. Tentunya, kondisi tekanan angin harus disamakan untuk masing-masing ban mobil Anda.

Wiper

Inilah fitur yang akan selalu bermanfaat saat musim hujan. Wiper akan membersihkan kaca mobil Anda supaya jarak pandang selalu terlihat jelas. Mobil yang tidak menggunakan wiper pasti akan menghadapi masalah pada saat hujan turun apalagi sedang deras-derasnya. Permukaan kaca akan mudah berembun dan menimbulkan risiko membahayakan akibat pandangan yang terganggu.

Intip: Cek Kredit Mobilio

Agar Anda merasa lebih yakin dan mantap dengan kondisi mesin dan semua perangkat kendaraan, sebaiknya bawa ke bengkel untuk ditangani. Hal ini jauh lebih baik karena mobil Anda akan ditangani oleh tenaga profesional. Selain itu, Anda pun tidak akan kerepotan mengecek semua detail dan tentunya akan lebih mudah fokus mengendarai kendaraan saat kondisi jalanan hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *